Pipa Udara Pada Tandon Air

Seperti yang kita ketahui, setiap kotoran makhluk hidup menghasilkan gas metana begitu juga dengan kotoran manusia, dapat menghasilkan 1 liter gas dalam sekali proses pembuangannya. Gas tersebut ikut masuk ke dalam septic tank bersamaan dengan limbah lain yang dibuang ke dalam lubang toilet. Jika gas tidak dapat keluar dari septic tank dan terjadi penumpukan gas di dalamnya, bisa terjadi kerusakan fatal pada tandon air.

Melihat hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembuatan pipa udara sangat diperlukan pada setiap instalasi septic tank. Pembuatan pipa udara pada septic tank berfungsi untuk mengontrol volume limbah didalam tangki, karena sebagian limbah didalamnya akan berubah bentuk menjadi gas, sehingga dapat dengan mudah keluar melalui pipa udara. Hal ini juga berguna untuk memperpanjang masa pakai septic tank, karena limbah di dalam septic tank tidak akan mudah memenuhi septic tank.

Sah-sah saja untuk membuat septic tank tanpa dilengkapi pipa udara, tapi tentu harus siap menerima resiko dimasa mendatang. Septic tank tanpa pipa udara akan lebih mudah penuh, jika sudah penuh dan tak pernah dilakukan pengurasan, tentunya septic tank lebih mudah mengalami kebocoran harga tandon air dan harus segera dilakukan penanganan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *